Tracer Study merupakan salah satu metode yang digunakan oleh beberapa perguruan tinggi untuk memperoleh umpan balik dari alumni. Di negara-negara maju, studi pelacakan jejak alumni adalah studi utama yang telah dilaksanakan secara sistematis, institusional, dan terus menerus. Maka tidak heran jika perguruan tinggi di negara maju diakui relevansi keberadaannya karena mereka terus-menerus melakukan evaluasi diri antara lain melalui tracer study. 

Manfaat tracer study tidaklah terbatas pada perguruan tinggi saja, tetapi  lebih jauh lagi dapat memberikan informasi penting mengenai hubungan (link) antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia kerja. Tracer study dapat menyajikan informasi mendalam dan rinci mengenai kecocokan/match kerja baik horisontal (antar berbagai bidang ilmu) maupun vertikal (antar berbagai level/strata pendidikan). Dengan demikian, tracer study dapat ikut membantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya.

Kegiatan tracer study di Politeknik ATK Yogyakarta dilaksanakan setiap tahun guna memperoleh data yang berkesinambungan sebagai salah satu bahan pertimbangan perbaikan kurikulum dan kebijakan pengembangan perguruan tinggi. Pelaksanaan kegiatan ini menjadi bagian dari bidang kerja Career Development Center (CDC) Politeknik ATK Yogyakarta.